Selasa, 24 Maret 2015

Kapal Tongkang Tutupi Muara Nelayan Tidak dapat Melaut


By on 3/24/2015 09:02:00 AM



 Gambar : Kapal Tongkang Golden Way 2305 yang menutupi Muara hingga Nelayan tidak bisa melaut


Muaragembong, Pada Minggu 01 Februari 2015 pukul 08:30 WIB Kp. Muara Jaya Desa Pantai Mekar dan Desa Pantai Sederhana Masyarakat kedua Desa dikejutkan Dengan hanyutnya sebuah Kapal Tongkang kosong / tidak ada muatan dengan merk Golden Way 2305 Batam.

Dan langsung menutupi mulut muara sungai citarum yang merupakan satu-satunya akses melaut para Nelayan kami, dalam seketika itu juga para Nelayan tidak dapat melaut.

 Gambar : Kapal Tongkang Golden Way 2305 yang menutupi Muara hingga Nelayan tidak bisa melaut

Darman Selaku Kepala Desa berkoordinasi dengan MUSPIKA dan POLAIR Muaragembong, hari ke 2 (Dua) baru diketahui siapa pemilik perusahaan tongkang tersebut. Hari ke 3 (Tiga) difasilitasi oleh POLAIR datanglah Bapak Muksin sebagai agen perusahaan tersebut PT. Nongsa Batam (sumber : Bpk. Muksin) ke Lokasi kejadian dan bertemu langsung dengan para Nelayan yang tercatat 326 Nelayan yang melapor ke ketua TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Subarma, yang melaporkan tidak bisa melaut selama Kapal tersebut masih menutupi mulut Muara Sungai citarum “Keluh Nelayan Kepada Orang Tersebut”.

Hari ke 5 (Lima)  pihak agen mempercayakan proses evakuasi kepada anggota POLAIR  namun tidak membuahkan hasil.

Sampai Hari ke 15 (Lima Belas) sekira jam 05:00 WIB disaat titik mati atas Air pasang Laut, kami bersama ratusan Nelayan berusaha secara manual untuk menggeser Tongkang tersebut, dan kami berhasil membuka jalur akses agar Para Nelayan dapat Aktif usaha melaut kembali.

Hari ke 16 (Enam Belas) ada lagi yang mengundang kami di fasilitasi anggota POLAIR. Bpk. Muklis sebagai perwakilan perusahaan pemilik tongkang tersebut.

Darman beserta MUSPIKA mendampingi perwakilan Nelayan , namun tidak ada hasil. Karena Pak Muklis meminta agar Tongkang tersebut ditarik terlebih dahulu baru akan diurus Kompensasinya dengan alasan keamanan. Bila tidak bisa maka akan kami serahkan proses evakuasi ini ke basarnas. Ujar pak muklis.

Sungguh sangat ironis..! tanpa mengindahkan keluarga Nelayan dengan entengnya dia berucap seperti itu!...(@pantai mekar)

Admin : Desa Pantai Mekar

We love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer by : Asep Saeful Iman, SE.

0 komentar:

Posting Komentar