Senin, 04 Februari 2013

Sungai Citarum


By on 2/04/2013 12:32:00 PM

Sebagai sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat, mengalir sepanjang lebih kurang 270 km dari mata air di Gunung Wayang di Kabupaten Bandung, sampai muaranya di Laut Jawa dengan melalui Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, membagi daerah administrasi Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi dari Kedung Gede ke hilir dan berakhir dari Muara Gembong sebagai muara Sungai Citarum ke Laut Jawa. Sungai Citarum memiliki volume aliran tahunan rata-rata 5,5 milyar m3, luas DAS 6.600 km2. Memiliki tinggi curah hujan tahunan rata-rata 2.353 mm, dengan 80% hujan jatuh pada periode November – Mei.

Sungai Citarum dengan beberapa sungai lainnya di Jawa Barat bagian utara, yaitu: Ciherang, Cilamaya, Cijengkol, Ciasem, Cigadung, Cipunegara, dan Cilalanang membentuk suatu wilayah hidrologis yang terintegrasi, dengan satuan hidrologis seluas 1.100.000 ha. Gambar di bawah ini adalah Mata Air Pangsiraman, yakni salah satu dari tujuh mata air Sungai Citarum yang berada di Gunung Wayang – Ciwidey. Nama keenam mata air Sungai Citarum lainnya adalah Cikahuripan, Cikawedukan, Cisanti, Cikaloberes, Cisadane/Cihaliwung dan Cikadugalan/Cipaedah. Ketujuh mata air ini berada pada area Situ Cisanti yang memiliki ketinggian +2.180 m dpl.

 Gambar 14: Foto Mata Air Pangsiraman

Gambar 15 di bawah ini adalah Foto Udara Muara Gembong, yakni salah satu dari tiga muara Sungai Citarum yang berada di Kabupaten Bekasi. Dua muara lainnya adalah Muara Bendera dan Muara Bungin yang berada di Kabupaten Bekasi Ujung Karawang..

  Gambar 15: Foto Muara Gembong

 Gambar 16: Peta DAS Citarum dan interkoneksinya

Pada tahun 1984 dan 1987 beroperasi 2 buah bendungan besar di hulu Bendungan Ir. H. Djuanda, yakni Bendungan Saguling dan Bendungan Cirata. Dengan dibangunnya kedua bendungan tersebut, kapasitas tampungan keseluruhan menjadi sama dengan aliran tahunan Sungai Citarum.


Admin : Desa Pantai Mekar

We love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer by : Asep Saeful Iman, SE.

1 komentar: